Kumpulan Berita Sabung Ayam Online: Mengenal Otot Dan Stamina Pada Ayam Aduan

Kumpulan Berita Sabung Ayam Online
Agen Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia 
Mengenal Otot Dan Stamina Pada Ayam Aduan
Dec 9th 2016, 09:24, by admin

Sabung Ayam Online – Mengenal otot dan stamina pada ayam aduan merupakan hal yang penting juga bagi para peternak dan pecinta sabung ayam.

Faktor apa saja yang penting dan menjadi acuan/pedoman para peternak dan pecinta sabung ayam dalam menilai kemampuan ayam Bangkok/ayam aduan dalam pertarungan adalah berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap peternak dan penghobi sabung ayam memiliki pedoman/acuan dan standar masing-masing dalam memilih ayam aduannya. Berikut ini akan dipaparkan beberapa hal dalam mengenal otot dan stamina pada ayam aduan secara singkat.

Pada umumnya ketepatan /akurasi pukulan pada ayam Bangkok dan ayam laga jenis lainnya sangat dipengaruhi oleh dua faktor yang penting yakni :

1. Perbandingan bentuk tulang kaki yang ideal pada ayam aduan

2. Otot yang berperan sangat penting dalam kecepatan dan kekuatan pukulan yang dilancarkan beserta akurasi ketepatannya

Umumnya otot  bekerja dengan cara menarik bukan dengan mendorong. Mekanisme kerja otot memerlukan senyawa yang dikenal dengan ATP ( Adenosin Triphospate ) dan Creatin Phospate yang berasal dari ATP tersebut. Dalam persenyawaan ini ada beberapa unsur yang berefek langsung antara lain karbohidrat, protein dan lemak. Ketiga unsur tersebut dioksidasi melalui Kreb siklus dan secara langsung membebaskan ATP yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk energi otot. Selain itu dalam aktifitas dan keseimbangan mekanisme kerja , otot juga membutuhkan Calcium (Ca). Faktor inilah yang menyebabkan ayam aduan dengan pakan utamanya jagung, memiliki otot yang lebih bagus dan kekuatan pukulan yang lebih keras dibandingkan ayam aduan dengan pakan utama yang lain.

Otot yang baik pada ayam aduan ialah otot yang berserabut halus tanpa adanya timbunan lemak dan tanpa adanya pembesaran sel otot yang tidak seharusnya, sehingga otot bisa kuat dan lentur secara maksimal serta dapat menghasilkan pukulan yang kuat dengan ketepatan yang akurat. Selain itu, ayam aduan dengan otot berserabut halus memiliki keunggulan yang lebih dalam hal memukul pada posisi celah yang sempit, sedangkan ayam yang ototnya berserabut kasar cenderung hanya bisa melancarkan pukulan apabila mendapat ruang pukul yang cukup lapang.

Untuk rutinitas kesehariannya, diperlukan latihan untuk membentuk serabut otot yang halus tersebut. Disarankan lakukan latihan kecepatan tanpa beban. Namun ada juga penghobi sabung ayam, dalam hal melatih kecepatan pada ayam aduannya selalu dilakukan dengan memberi beban/pemberat pada kaki ayam aduan atau dengan menekan badan ayam agar ayam aduan tersebut berjalan dengan posisi setengah merangkak. Dalam hal ini akan menghasilkan otot yang kuat dan besar tetapi kaku dan lamban gerakannya. Lebih baik diberikan latihan lari dengan cara lari mengitari ayam babon/untulan daripada latihan lari dengan beban pemberat yang lebih mengutamakan kekuatan.

Demikianlah artikel singkat dalam mengenal otot dan stamina pada ayam aduan disajikan secara gamblang di atas ini. Semoga bermanfaat.

The post Mengenal Otot Dan Stamina Pada Ayam Aduan appeared first on Kumpulan Berita Sabung Ayam Online.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.