Kumpulan Berita Sabung Ayam Online: Dua Jenis Ayam Babon Yang Bagus Sebagai Indukan

Kumpulan Berita Sabung Ayam Online
Agen Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia 
Dua Jenis Ayam Babon Yang Bagus Sebagai Indukan
Dec 5th 2016, 10:15, by admin

Sabung Ayam Online – Dua jenis ayam babon yang bagus sebagai indukan merupakan topik yang akan dibahas secara singkat dalam sajian berikut ini.

Dalam kalangan peternak sabung ayam aduan, dikenal dua jenis ayam babon yang bagus sebagai indukan. Kedua jenis babon yang istimewa tersebut adalah babon unggul dan babon cetak.

1. Babon Unggul

Yang dimaksud dengan babon unggul adalah babon pilihan, dalam hal ini artinya mempunyai garis keturunan perindukan yang bagus, mempunyai struktur pertulangan yang baik, postur tubuh yang ideal ( seperti bentuk botol ) dan memiliki teknik laga yang bagus. Babon unggul yang bagus juga harus mempunyai sifat yang unggul dan dominan pada garis keturunannya, sehingga bisa menghasilkan turunan yang cenderung mewarisi keunggulan induknya. Bahkan babon unggul yang bagus apabila dikawinsilangkan dengan pejantan ayam aduan yang kurang bagus sekalipun, umumnya akan menghasilkan anakan yang cenderung mengikuti kualitas babon indukannya dan memiliki keunggulan lebih dari induk pejantannya. Biasanya babon unggul berasal dari galur turunan murni.

Menurut para peternak ayam Bangkok, dapat memahami dan memilih indukan babon yang bagus merupakan satu keharusan apabila ingin mendapatkan turunan ayam aduan yang bagus dan berkualitas. Dalam hal memilih indukan babon yang berkualitas memang lebih sulit dibandingkan dengan memilih pejantan yang bagus. Dalam hal ini dibutuhkan pengenalan dan pemahaman mengenai indukan babon yang lebih mendalam.

2. Babon Cetak

Yang dimaksud dengan babon cetak adalah ayam betina indukan yang cenderung resesif dalam garis keturunan. Anakan yang dihasilkan umumnya cenderung mirip dengan induk jantannya. Babon cetak yang bagus harus menghasilkan turunan yang jelek apabila disilangkan dengan ayam aduan atau pejantan yang jelek. Sebaliknya harus menghasilkan turunan anakan yang bagus apabila disilangkan dengan ayam Bangkok ataupun ayam aduan jenis lain yang berkualitas bagus. Apabila seekor babon cetak disilangkan dengan pejantan yang jelek tapi menghasilkan turunan yang bagus maka itu bukanlah termasuk dalam kategori babon cetak. Bahkan dalam hal warna bulu sekalipun, babon cetak yang bagus apabila di silangkan dengan pejantan dengan warna bulu putih umumnya juga menghasilkan anakan turunan yang berbulu putih. Babon cetak tak hanya berasal dari galur turunan murni, bisa juga berasal dari turunan F1 ataupun turunan berikutnya.

Demikianlah sajian singkat mengenai dua jenis ayam babon yang bagus sebagai indukan, semoga bermanfaat.

 

The post Dua Jenis Ayam Babon Yang Bagus Sebagai Indukan appeared first on Kumpulan Berita Sabung Ayam Online.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.