Kumpulan Berita Sabung Ayam Online: Black Sumatra, Ayam Aduan Asli Indonesia

Kumpulan Berita Sabung Ayam Online
Agen Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia 
Black Sumatra, Ayam Aduan Asli Indonesia
Dec 7th 2016, 11:52, by admin

Sabung Ayam online – Black Sumatra, ayam aduan asli Indonesia yang kini dinyatakan sudah hilang dan punah keberadaannya di pulau Sumatera habitat aslinya.

Sungguh sangat disayangkan, seharusnya ayam Black Sumatera, ayam aduan asli Indonesia ini merupakan aset bangsa yang perlu dibudidayakan dan dilestarikan sebagai bagian dari kekayaan beragam fauna di bumi persada Nusantara ini. Seperti halnya ayam aduan di Thailand, Vietnam, Jepang dan negara lainnya tetap dijaga kelestariannya, yang hingga kini keberadaannya semakin berkembang dan terkenal seperti ayam Bangkok, ayam Birma, ayam Vietnam, ayam Shamo dan ayam aduan jenis lainnya.

Untuk saat ini justru ayam jenis Black Sumatra yang seharusnya menjadi aset kekayaan dari berbagai ragam dunia fauna Indonesia, malah banyak didapati di mancanegara yang bukan merupakan habitat aslinya. Ayam aduan jenis ini banyak dikembangbiakan dan dibudidayakan di mancanegara karena keunikan bulu, warna dan sosoknya yang terlihat sangat gagah. Berdasarkan catatan pada tahun 1883 di Amerika Serikat, Black Sumatra ayam aduan asli Indonesia ditetapkan sebagai salah satu jenis ayam laga dan ayam hias unggulan, tercatat dalam ‘ The American Standard Of Perfection ‘.

Black Sumatera , ayam yang berasal dari pulau Sumatera ini, untuk pertama kalinya di ekspor ke Amerika Serikat dan berbagai negara di Eropa pada tahun 1883 diperuntukan sebagai ayam laga. Yang menakjubkan adalah perkembangan ayam ini masih tetap eksis sampai saat ini, dan tetap terjaga kemurnian darahnya. Hal ini dikarenakan para penghobi ayam tersebut di mancanegara tetap mempertahankan dan mengembangbiakan ayam black Sumatera ini secara galur murni, tidak disilangkan dengan ayam aduan jenis lainnya. Walaupun  diberbagai negara di Eropa ada juga beberapa peternak yang menyilangkannya dengan ayam lokal setempat, namun tetap ada dipertahankan kelestarian dari galur yang murni.

Ayam jenis ini memiliki bobot sekitar 4-5 kg untuk jantannya. Yang unik dari ayam Black Sumatra ini, walaupun termasuk galur murni ayam asli Indonesia ini tidak memiliki pial seperti kebanyakan ayam lokal lainnya. Keunikan yang lain adalah jalu (taji) ayam dari Sumatera ini bisa tumbuh lebih dari satu, dan ini merupakan salah satu ciri khas pada ayam Sumatera.

Demikianlah artikel mengenai Black Sumatra, ayam aduan asli Indonesia yang kini telah hilang dari Nusantara, semoga kedepannya ada penghobi yang berniat untuk membudidayakan dan melestarikan kembali aset fauna negara Indonesia. Semoga untuk masa mendatang bisa menjadi salah satu Icon kebanggaan bangsa Indonesia.

The post Black Sumatra, Ayam Aduan Asli Indonesia appeared first on Kumpulan Berita Sabung Ayam Online.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.